Minggu, 20 Juni 2010

Test Madu Asli

Madu Asli
oleh Faisal Risza

Saat ini beredar madu palsu yang meniru sebagian dari sifat atau karakter fisik madu Asli. Sehingga bagi kebanyakan  orang sangatlah susah untuk mengetahu keaslian madu, hanya dengan melihat secara fisik. Sedangkan sifat2 madu yang umumnya  dipalsukan antara lain: sifat madu yang bisa  membuat telor matang, tidak tembus koran atau jika dikocok mengeluarkan gas.



secara mudah bisa dikerjakan oleh awam ada 2 cara. yaitu menggunakan PH meter. madu palsu memiliki 2,4-3,3 dan di atas 5. bila madu menunjukan antara 3,4-4,5 bisa dinyakini madu asli. untuk lebih menyakinkan menggunakan cara yang ke-2.

cara ke-2 adalah menggunakan jodium tincture. biasa disebut obat merah untuk luka luar ringan. ambillah madu satu sendok teh lalu teteskan jodium 3 tetes atau lebih. lalu diaduk aduk hingga tercampur rata. bila warnanya berubah menjadi keruh maka bisa dipastikan palsu. walaupun secara ph tester bisa diditiru oleh pemalsu madu. sedang madu asli warnanya tetap bertahan dengan warna aslinya.

cara ke-3 adalah uji  laboratorium untuk melihat adanya enzim diastase. enzim ini yang tidak bisa dipalsukan oleh pemalsu. karena enzim ini keluar dari mulut si lebah. enzim ini lah yang digunakan untuk SNI. 
jadi bila ingin mendapatkan madu asli adalah dengan cara datang ke peternakan dan melihat ada SNI atau tidak

sedangkan resep-resep untuk suplemen obat sllahkan klik berikut: resep madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads

Daftar Blog Saya